Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Jumat, Maret 20, 2009

Bajaj bidik pasar motor sport KTI

MAKASSAR: PT Bajaj Auto Indonesia (BAI), agen tunggal pemegang merek Bajaj, membidik perluasan pangsa pasar di kawasan timur Indonesia khususnya Sulawesi dengan menambah jumlah diler 3S (sales, service, sparepart) pada tahun ini. Marketing Manager PT BAI M. Cahyono Widyastono mengatakan pasar otomotif di Sulawesi masih menjanjikan sebab daya beli konsumen di wilayah itu relatif tetap baik kendati krisis global mulai berimbas ke Tanah Air.

Dia menuturkan penjualan diler perseroan di Sulawesi tahun lalu cukup memuaskan. Cahyono meyakini angka pertumbuhan penjualan di Sulawesi pada 2008 dapat dipertahankan. “Kami akan menambah showroom secara nasional menjadi 100 tahun ini termasuk di Sulawesi, Kalimantan, dan Papua. Dengan penambahan showroom, otomatis diharap­kan ada pengaruh ke penjualan,” katanya di Makassar, pekan ini.
Saat ini total showroom Bajaj mencapai 75 unit yang tersebar di sekitar 49 kota/kabupaten. ATPM merek otomotif asal India itu mempunyai tiga model, yakni Bajaj Pulsar 180 cc dan 200 cc, serta Bajaj XCD 125 yang baru diluncurkan semester II tahun lalu.

Ketiganya merupakan motor sport dan mengadopsi teknologi DTS-i yang diklaim mampu menghemat bahan bakar. BAI, kata Cahyono, sejauh ini belum berencana menambah model motor meskipun Bajaj India baru saja merilis Bajaj XCD 135. “Kami juga belum ada rencana menaikkan harga dalam waktu dekat. Kami masih pakai harga tahun 2008,” papar Cahyono.

Tahun lalu penjualan Bajaj di Indonesia mencapai 18.600 unit. Total penjualan Bajaj sejak masuk ke negeri ini pada November 2006 telah menembus 29.000 unit. Di samping segmen motor sport, BAI diketahui berusaha merebut konsumen motor bebek dengan mengandalkan Pulsar XCD 125 yang sejatinya merupakan motor sport.

Teknologi motor Bajaj banyak mendapat alih teknologi dari perusahaan otomotif terkemuka Jepang Kawasaki Heavy Industries yang juga terkenal memproduksi pelbagai motor sport. Selain tiga merek yang dise­butkan di atas, Bajaj India juga memproduksi model motor Bajaj XCD 135 DTS-Si, Bajaj Platina, Bajaj Discover, serta Bajaj Avenger DTS-i.