Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Kamis, Maret 19, 2009

Bank Panin ekspansi ke Parimo

PARIGI, Sulteng: PT Bank Panin, Tbk kembali melakukan ekspansi dengan mengoperasikan kantor cabang pembantu ke-373 di Kabupaten Parigi-Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah. Bupati Parigi-Moutong Longky Djanggola mengemukakan kehadiran Panin di daerahnya diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi mayarakat khususnya yang bergerak di sektor usaha kecil dan menengah.

“Sesuai data Bank Indonesia Palu jumlah kantor cabang bank yang sudah beroperasi termasuk Bank Panin mencapai 26 unit. Bank ini tersebar luas di seluruh Parigi dan Moutong,” kata Longky ketika meresmikan pengoperasian Bank Panin Parigi, kemarin. Dia mengemukakan hadirnya bank pemerintah dan swasta di daerahnya telah mendorong pertumbuhan ekonomi daerah yang sangat signifikan.

“Data terakhir BPS menyebutkan Parigi-Moutong pada 2008 mengalami pertumbuhan 8,1%,” ujarnya. Pemimpin Bank Indonesia Palu, Suparmo, mengatakan dana pihak ketiga (DPK) di Parimo posisi Januari 2009 tercatat Rp361,68 miliar, tumbuh 6,75% dibanding akhir tahun 2008 sebesar Rp338,81 miliar.

Kredit perbankan di Parimo sebagai daerah penghasil kakao dan beras ini pada Januari Rp406,16 miliar dan 93,48% merupakan kredit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Komposisi kredit investasi hanya sebesar 2,14%, sedangkan loan to deposit ratio (LDR) perbankan di Parimo 112,30% atau lebih tinggi dari LDR di Sulteng yang berkisar 104,41%.

Suparmo mengemukakan tingginya LDR di Parimo menggambarkan bahwa fungsi intermediasi perbankan di sini telah berjalan baik dan daya serap kredit khususnya untuk jenis UMKM sangat tinggi. Mengenai aset perbankan, Suparmo mengatakan terjadi peningkatan hingga 6,39%. Dibanding akhir tahun 2008 baru mencapai Rp429,56 miliar naik menjadi Rp457,01 miliar.

Utamakan pelayanan

Supervisor Area Bank Panin Kawasan Timur Indonesia Onny Gappa mengatakan kehadiran Bank Panin di Parimo dimaksudkan untuk membangun sinergi antara dunia usaha, masyarakat, dan perbankan.

Menurut dia, Bank Panin telah memiliki tiga kantor cabang di Sulteng, yakni cabang utama di Palu dan dua cabang pembantu di Kab. Banggai dan Parimo.
Onny mengemukakan sebagai bank swasta nasional, Bank Panin tetap fokus pada pembiayaan usaha kecil, khususnya modal kerja. “Kami menjanjikan pelayanan yang lebih cepat kepada masyarakat di Sulteng,” paparnya.

Selama ini, menurut dia, Bank Panin telah banyak membantu menggerakkan sektor ekonomi rill termasuk untuk pembiayaan sektor peroperti.
“Kami akan membuka kesempatan kepada masyarakat untuk membeli rumah dengan cara kredit. Silahkan pilih rumah yang sesuai, kami yang membayarnya,” pungkas Onny.