Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Jumat, Maret 27, 2009

Harga gula di Kendari naik 15%

KENDARI:: Harga gula di Sulawesi Tenggara sejak Januari hingga Maret meningkat sekitar 15% dari harga rata-rata nasional. Harga gula di pasaran saat ini sudah mencapai Rp8.500 hingga Rp8.700 per kg atau naik sekitar Rp2.000.

Pejabat di Dinas Perdagangan dan Perindustrian Sulawesi Tenggara mengaku belum mengetahui penyebab kenaikan itu. Kepala Sub Dinas Perdagangan Dalam Negeri La Subu Zahri mengatakan stok gula saat ini masih mencukupi untuk 3 bulan ke depan. Namun, harga gula terus naik di atas harga jual rata-rata secara nasional.

“Kami juga heran kenapa harga gula terus naik, padahal stok sekarang masih cukup,” jelasnya, pekan ini. Dia memperkirakan kenaikan terjadi karena terjadi stagnasi stok pada Januari lalu akibat perbaikan mesin pengolahan gula milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XIV. Sejak itu pedagang menahan stok gula karena takut merugi.

La subu menambahkan Disperindag telah meminta pedagang gula antarpulau terdaftar (PGAPT) untuk memasok gula sebanyak-banyaknya agar stok kembali normal.

Kebutuhan gula Sultra tercatat mencapai 1.665 ton per bulan. Seluruh gula tersebut dipasok oleh PTPN XIV dan sejumlah produsen gula lainnya. Sultra sendiri belum mampu memproduksi gula karena tidak ada investor yang berminat membangun pabrik gula di daerah ini.

Sementara itu, Disperindag Sultra baru-baru ini menyita sedikitnya 117,5 ton gula asal Sulawesi Selatan yang masuk ke Kendari, karena tidak memiliki dokumen surat pengantar pengiriman gula antar pelabuhan (SPPGAB).

Gula tersebut disita di Pelabuhan Samudera Kendari oleh petugas KP3 atas permintaan Disperindag. La Subu mengatakan, pemasok PT Sultra Mandiri belum pernah mengajukan permohonan untuk mendatangkan gula di Sulawesi Tenggara. Hal itu dinilai melanggar keputusan menteri terkait. Menurut La Subu, kejadian tersebut telah berulang terjadi, karena minimnya pengetahuan distributor tentang aturan pengiriman gula antarpulau. .