Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Jumat, Maret 27, 2009

Indosat genjot pulsa elektronik

MAKASSAR: PT Indosat Tbk akan memacu penjualan pulsa elektronik dan membatasi peredaran pulsa fisik yang menggunakan kartu. Penjualan pulsa elektronik Indosat di wilayah Sulawesi, Maluku, dan Papua (Sulampapua) diprediksi mendekati 70% dari total penjualan hingga akhir tahun ini.

Kepala Divisi Pemasaran dan Penjualan Indosat Sulampapua Soejanto Prasetyo mengatakan pertumbuhan penjualan pulsa elektronik secara perlahan akan mengurangi produksi pulsa fisik. Pertumbuhan penjualan pulsa seluler tersebut, kata Soejanto, mulai terasa pada tahun 2007 sebesar 18% dan terus mengalami kenaikan di akhir Desember 2008 sebesar 45%.

"Biaya produksi kartu fisik pulsa sangat tinggi dan menggunakan bahan plastik yang tidak ramah lingkungan," katanya di sela Outlet Gathering IM3 Groove di Makassar, Rabu malam.Dia mengemukakan pi-haknya akan terus memacu pertumbuhan pulsa elektronik yang lebih simpel dan memiliki keuntungan sama dengan penjualan pulsa fisik.

Dia menjelaskan pulsa elektronik kian diminati pelanggan seluler karena aman, sederhana, mudah, dan bisa menjadi bukti klaim ke Indosat. Dari hasil pengamatan tersebut, Indosat sejak tahun 2008 mulai fokus pada pengembangan pulsa elektronik, di mana mengalokasikannya sekitar 30% dari produksi pulsa fisik.

Indosat tetap akan menerbitkan pulsa fisik untuk memenuhi kebutuhan pasar daerah yang masih besar. Sementara pulsa elektronik hanya tumbuh pesat di perkotaan. Soejanto juga menjelaskan soal layanan data IM2 Indosat yang menurutnya terus berkembang, namun mengalami kendala dalam aksesnya.

ia mengaku saat ini layanan data IM2 mengalami gangguan karena antara pelanggan seluler dan data menggunakan jaringan yang sama. Akibatnya, timbul kesulitan melayani konsumen internet. Untuk mengantisipasi hal tersebut, ungkap Soejanto, Indosat tengah mempersiapkan penambahan menara dan BTS (base transceiver station) untuk pelanggan data IM2. .