Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Kamis, Maret 05, 2009

Bulog segera salurkan 122.769 ton raskin

MAKASSAR: Perum Bulog Divre VII menyiapkan penyaluran 122.769 ton beras­ miskin (raskin) tahun 2009 ke­­­pada 682.000 rumah tangga sasaran (RTS) di Sulsel dan Sulbar. Kepala Humas Perum Bulog Divre VII Umar Said, mengung­kapkan penyaluran raskin juga akan dilaksanakan di 14 kecamatan di Kota Makassar. Sementara di 24 daerah lainnya dimulai di Takalar, Parepare, Sidrap dan Pinrang.

“Bulog tetap menjalankan program raskin yang sudah di­­tetapkan pemerintah. Tahun ini­­ kami laksanakan secara bertahap di Sulsel dan Sulbar dengan melibatkan pemerintah daerah setempat,” kata Umar saat dihubungi Bisnis melalui telepon, kemarin.
Metode penyaluran dan pembagian raskin tersebut, kata dia tetap mengikuti sistem yang sudah berjalan, yakni melalui kecamatan. Jumlah raskin tahun 2009 mengalami penurunan sekitar 927 ton dari total penyaluran tahun 2008 sebesar 123.696 ton. Penurunan volume raskin menurut dia, karena terjadi jumlah penerima atau RTS juga turun. Namun dia tidak menyebutkan berapa besar penurunan RTS tahun 2009 dibandingkan tahun 2008.

Bulog, katanya, masih mengalami masalah soal keterlambatan pembayaran ras­­kin dari beberapa kabupaten, di mana terdapat total nilai tunggakan cukup besar. Meski begitu Bulog tetap berkomitmen menyalurkan raskin, termasuk di daerah- daerah yang belum menyelesaikan kewajibannya.

Umar mengaku saat ini daya serap produksi beras Bulog berjalan lambat karena panen yang belum merata di Sulsel dan Sulbar. Februari 2009 Bulog menyerapkan beras petani 9.700 ton yang diperoleh dari wilayah utara Sulsel. Pembelian beras petani tersebut, menggunakan harga HPP baru.