Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Kamis, Maret 05, 2009

Hasil sunset policy Sulselrabar rendah

MAKASSAR: Kanwil Pajak Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat (Sulserabar) melaporkan hasil sunset policy dalam bentuk jumlah kurang bayar relatif rendah apabila dibandingkan dengan wajib pajak (WP) maupun rencana penerimaan tahun ini Rp5,1 triliun. Kepala Kanwil Pajak Sulselrabar Eddi Setiadi mengatakan total pajak kurang bayar hasil sunset policy selama 2008 hingga penutupan 28 Februari 2009 hanya sebesar Rp33,9 miliar.

Angka itu berasal dari WP yang membetulkan SPT maupun WP yang mendaftar secara sukarela. Jumlah sanksi yang dihapuskan Rp14,2 miliar. Total SPT dari WP yang melakukan pembetulan tercatat sebanyak 12.336 berkas, sedangkan dari WP yang mendaftar secara sukarela cuma 90 berkas.

Kanwil Sulselrabar mengelola 14 kantor pelayanan pajak (KPP) Pratama di wilayah itu dan satu KPP Madya di Makassar. “Jika dilihat dari jumlah WP maupun hasil rencana penerimaan kanwil pada 2009 sebesar Rp5,1 triliun, (hasil) sunset policy relatif rendah,” kata Eddi dalam siaran pers, kemarin. Dia mengatakan minimnya hasil tersebut dapat dilihat dari dua sisi, yaitu pertama WP merasa sudah patuh dan benar laporannya sehingga tidak memerlukan pengampunan kurang bayar pajak.

“Kedua, kemungkinan WP tidak peduli karena menganggap ini jebakan sehingga mereka nyaman dengan kondisi sekarang.” Selanjutnya, kata dia, pihaknya akan menyisir WP yang tidak memanfaatkan sunset policy dengan membandingkan SPT dan basis data yang ada. “Perlu diketahui kami memiliki data yang sangat banyak dari berbagai pihak,” pungkasnya.