Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Rabu, Maret 04, 2009

Ekonomi KTI berpeluang tumbuh 8% di 2009

MAKASSAR:Peluang ekonomi kawasan timur Indonesia tumbuh hingga 8% di 2009 sangat besar, asalkan potensi alam yang tersedia semakin memiliki nilai tambah (value added) bagi masyarakat.
Ekonom Universitas Gadjah Mada (UGM) Sri Adiningsih mengemukakan KTI memiliki potensi alam yang tidak dimiliki di kawasan barat. KTI memiliki komoditas primer melimpah dengan kualitas tinggi yang menjadi primadona ekspor, sehingga bisa mendorong ekonomi regional.

“Kalau hanya tumbuh 6%-7%, masyarakat mana bisa sejahtera. Seharusnya ekonomi KTI tahun 2009 bisa bertumbuh 8%, agar semakin bisa menyejahterakan masyarakat di kawasan tersebut,” ujarnya kepada Bisnis di Makassar, belum lama ini.

Adiningsih menuturkan pemerintah daerah wajib bekerja keras mendorong nilai tambah komoditas primer yang selama ini hanya berorientasi perdagangan, tanpa ada pengolahan lebih jauh. Dia mengatakan harus ada transformasi perdagangan komoditas primer dengan membangun sentra industri lokal yang bisa meningkatkan harga jual produk di pasar nasional dan internasional.

Pembangunan industri, ungkap Adiningsih, akan berujung pada percepatan ekonomi serta penciptaan lapangan kerja baru. “Masyarakat KTI akan makin sejahtera jika pertumbuhan ekonomi lokal sudah mulai berorientasi industri,” ujarnya. Adiningsih juga mengatakan pemerintah pusat harus mendukung industrialisasi di KTI agar dapat bersaing dengan wilayah lain.