Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Rabu, Maret 04, 2009

Laba BNI Syariah tumbuh 60%

MAKASSAR: PT Bank Nasional Indonesia Syariah (BNI Syariah) Makassar membukukan pertumbuhan laba bersih hingga 60% pada 2008 ditopang pesatnya pendapatan non bunga (fee based income) dan rendahnya kebutuhan pencadangan NPF. Kepala Cabang BNI Syariah Makassar Ali Fauzi mengatakan laba bersih tahun lalu mencapai Rp16 miliar. Setahun sebelumnya, anak usaha Bank BNI Tbk itu baru mencetak laba Rp10 miliar.

Bank syariah yang tahun lalu masih merupakan unit usaha syariah itu kini memiliki tiga kantor di Sulawesi Selatan, masing-masing dua di Makassar dan satu di Kabupaten Gowa. Ali mengemukakan pendapatan non bunga tumbuh cukup signifikan sebab pihaknya makin gencar menawarkan pelbagai jasa perbankan.

Namun, kata dia, kontribusi utama perolehan laba tetap bersumber dari kenaikan outstanding pembiayaan sebesar 17%. Menurutnya, posisi pembiayaan BNI Syariah di kota itu saat ini mencapai Rp175 miliar.
“Laba Rp16 miliar itu selain terutama karena penyaluran pembiayaan, juga didorong fee based income yang makin bagus serta minimnya dana yang dicadangkan untuk NPF (non performing financing),” kata Ali, kemarin.

Dia mengungkapkan rasio pembiayaan bermasalah BNI Syariah per akhir Desember 2008 berkisar 1%. Dibanding rerata industri, kata dia, level NPF itu termasuk rendah. Lebih jauh Ali mengatakan posisi dana pihak ketiga perseroan saat ini sekitar Rp125 miliar atau meningkat 20% dari tahun 2007. Dengan demikian, rasio pembiayaan terhadap DPK (financing to deposit ratio/FDR) menembus 140%. Sejauh ini terdapat 4 bank umum syariah dan 6 unit usaha syariah di Sulsel. Sedangkan total kantor mencapai 19 unit.