Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Senin, Maret 02, 2009

Askindo kembangkan bibit unggul

PALU: Asosiasi Kakao Indonesia (Askindo) Sulawesi Tengah mengembangkan dua bibit unggul kakao, yakni Bulili Palolo (BP) dan Sausu Piore(SP) untuk meningkatkan produksi petani.

Ketua Askindo Sulteng Herman Agan mengatakan dua bibit itu sekarang cukup banyak dita-nam di Kabupaten Donggala dan Parigi Moutong. “Selain dua jenis ini, masih bisa dikembangkan bibit unggul lainnya, karena daerah ini memiliki laboratorium penelitian kakao,” ujar Agan di Palu, kemarin.
Menurutnya, potensi kakao Sulteng cukup menjanjikan, namun selama ini peran pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya belum terjalin baik.

Kurangnya koordinasi, kata Herman, dirasakan ketika ada gerakan peningkatan produksi dan mutu kakao tahun 2009 di 4 provinsi, yaitu Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara.

Program nasional ini hampir tidak jalan karena selama enam kali undangan pertemuan pemerintah pusat, tidak ada yang menghadiri. Akibatnya Sulteng hanya dialokasikan 43.000 ha rehabilitasi dan penanaman baru kakao.