Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Selasa, Maret 03, 2009

Rute Baubau-Ambon akan dibuka

KENDARI: Jalur penerbangan dari dan ke Kota Baubau, Sultra, akan bertambah dengan rencana pembukaan rute ke Ambon, Maluku. Hal itu diungkapkan Wali Kota Baubau Amirul Tamim saat dihubungi, kemarin.

Pembukaan rute ini dilakukan menyusul kian besarnya permintaan masyarakat akan penerbangan ke Ambon dalam sehari. Selama ini, rute penerbangan ke Ambon harus melalui Makassar, karena jalur penerbangan langsung dari Baubau hanya menuju Makassar.
“Warga Baubau di Ambon sangat banyak. Demikian pula banyak warga Maluku yang menetap di Baubau, sehingga jalur penerbangan antara kedua daerah terbilang padat,” jelas Amirul. Selama ini, penerbangan ke Baubau hanya dilayani maskapai Merpati Nusantara Airlines yang terbang dari Makassar. Maskapai lainnya belum berani masuk karena menganggap arus penumpang belum potensial. Kendati demikian, telah ada sejumlah maskapai yang mulai menjajaki rute Baubau-Ambon. “Saya belum bisa sebutkan maskapai mana saja karena persoalan etika.

Mereka sudah menyatakan niat untuk membuka rute baru,” kata Wali Kota. Dengan pembukaan rute Baubau-Ambon, masyarakat Baubau tidak perlu lagi ke Kendari untuk terbang ke Ambon, cukup dari Bandara Betoambari Baubau saja.

Untuk mempersiapkan kebutuh­an penerbangan yang kian tinggi, landasan pacu Bandara Betoambari akan diperpanjang hingga 2.200 meter. Amirul mengatakan diharapkan pada tahun 2011, landasan pacu ini rampung bersama dengan sejumlah fasilitas lainnya.

Saat ini, Bandara Betoabari memiliki panjang 1.450 meter dan lebar 30 meter. Untuk memperluas bandara, tahun ini Kota Baubau mendapatkan alokasi Rp11 miliar dana APBN, belum termasuk dana sharing dari APBD Kota Baubau.

Amirul berharap dengan penambah­an landas pacu, pesawat jenis Boeing bisa mendarat di Baubau pada 2011. Baubau merupakan salah satu kawasan di timur Indonesia yang cukup maju. Dengan letak yang strategis, kota ini ramai disinggahi berbagai jenis kapal laut.