Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Selasa, Maret 03, 2009

Target pembiayaan Bank Muamalat Rp90 miliar

MAKASSAR: Bank Muamalat Cabang Makassar menargetkan pembiayaan Rp90 miliar di tahun 2009, atau mengalami pertumbuhan sebesar 30% dari posisi tahun 2008. Busines Manager Bank Muamalat Indonesia (BMI) Makassar, Norcholis mengakui target tersebut sudah terbilang realistis meski belum memuaskan bila dibandingkan pencapaian lembaga itu di periode sebelumnya.

“Untuk pembiayaan sendiri ekspansi kami di Makassar untuk tahun 2009 sebesar 30% atau berkisar Rp90 miliar, seimbang dengan proyeksi pertumbuhan dana pihak ketiga,” ungkapnya kepada Bisnis yang menghubunginya, kemarin. Nurcholis mengemukakan, prediksi non performing loan (NPL) Bank Muamalat Makassar dipatok minimal sebesar 1% tahun ini. Besaran NPL tersebut setara dengan tingkat pertumbubuhan kredit macet di tahun 2008 lalu.

“Kita akan pertahankan NPL di bawah 1% pada tahun 2009,” terangnya. Nurcholis menegaskan intermediasi pembiayaan Bank Muamalat Makassar akan difokuskan pada sektor UMKM yang merupakan leading sektor perekonomian lokal dan nasional.

Untuk itu, sambungnya, Bank Muamalat akan membangun sistem kerja sama lingkage program dengan berbagai lembaga keuangan mikro serta sektor multi finance. “Sementara itu untuk sektor konsumtif, Bank Muamalat akan memfokuskan kreditnya di sektor kredit pemilikan rumah syariah,” ujarnya. Sebelumnya, Nurcholis menuturkan guna mengembangkan usaha syariah, Bank Muamalat Makassar berencana melakukan kerja sama dengan Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (Pinbuk) Perwakilan Sulsel. Sebanyak 50 BMT menjadi target pembentukan selama 2008.

Jumlah tersebut tersebar di sejumlah kabupaten/kota yang ada di Sulsel. Untuk tahap pertama pihaknya akan membentuk 11 BMT yang rencananya ditempatkan di Kota Makassar. “Keberadaan BMT sangat dibutuhkan selama 2009 untuk menggerakkan roda perekonomian Sulsel. Sebab, yang menjadi sasaran penyaluran kredit yakni pelaku usaha mikro yang selama ini kurang dilirik oleh lembaga keuangan lainnya. Potensi untuk menggaet nasabah melalui program BMT sangat besar. Pelayanan yang diberikan kepada nasabah akan diperhatikan,” ujarnya.